Andromax T 2

Review Smartfren Andromax T

Andromax TIni merupakan smartphone kedua yang diluncurkan Innos dalam penjualan paket bersama operator Smartfren. Sebelumnya, vendor asal Cina ini telah menghadirkan Smartfren Andromax U, atau dalam kode produksinya sebagai Innos i6c. Di produk kedua ini, smartphone diberi label Innos AD682J Smartfren Andromax T. Smartphone ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan yang cukup menarik untuk disimak.

Dari sisi desain, Andromax T (thin) dijamin bisa membetot bagi mata awam yang melihatnya. Smartphone ini punya rancangan elegan tapi terkesan minimalis. Andromax T punya ketebalan body tertipis dikelas Andromax, yaitu hanya 7,8 mm. Sementara dimensi keseluruhannya 125 x 60 x 7,8 mm dengan berat 109 gram. Soal bobot juga menjadi yang teringan di kelas Android keluarga Smartfren Andromax. Sisi ergonomis nampak diperlihatkan ketika gadget ini sangat nyaman ketika digenggam. Terasa mantap pula dengan adopsi material plastik dof pada back cover.

Smartfren Andromax T mengusung jenis layar IPS (In Plane Switching) capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Kualitas layar dipertajam lagi dengan asupan teknologi OGS (one glass touch screen) dengan qHD (high definition). Menjadikan citra layar cukup tajam, tidak beda jauh dengan standar yang diadopsi pada iPhone. Bentang ukuran layarnya 4.3 inchi dengan resolusi 540×960 pixels. Bukti kualitas yang baik pada layar terlihat dari level pixel pada layar yang mencapai 240 ppi (pixel per inch).

Lebih jauh tentang sisi desain Andromax T, tepat diatas layar terdapat lubang earpiece, lensa kamera sekunder, dan sensor proximity. Kemudian dibawah layar tersemat tiga touchpad, yaitu untuk fungsi back, home, dan recent menu/app. Posisi tombol on/off – yang juga sebagai pengunci layar ada di sisi kiri body. Sementara sisi kanan body terdapat tombol pengatur volume. Headset jack dan port microUSB diposisikan pada bagian atas (top view). Sementara pada bagian bawah (bottom view) nampak lubang mikrofon.

Di bagian belakang (back cover), terlihat lensa kamera utama, flash light, dan dibawah logo Innos terdapat single speaker yang dapat memancarkan kualitas suara stereo. Yang cukup menarik, setelah membuka tutup back cover, nampak baterai lithium polymer. Dari desainnya sekilas baterai dapat dilepas, tapi ternyata baterai tidak dapat dilepas pasang.

Catatan
Smartfren Andromax T menggunakan jenis micro SIM. Untuk slot SIM 1 khusus untuk kartu Smartfren, sedangkan slot SIM 2 diperutukkan untuk kartu GSM. Dengan jenis baterai yang tak bisa dilepas pasang, maka Andromax T bisa disebut mengusung konsep unibody.

Fitur
Fitur dual on CDMA-GSM sudah menjadi platform standar di setiap seri Smartfren Andromax. Dalam hal ini kedua jarigan baik GSM dan CDMA dapat always on, tapi tentu ada beda perlakuan pada koneksi internet. Koneksi mobile broadband hanya dapat menggunakan kanal jaringan dari Smarfren. Dalam hal ini, Andromax T mengadopsi teknologi EVDO Rev A yang setara 3.5G. Secara teori, kemampuan aksesnya mencapai 3,1 Mbps. Sebaliknya untuk kanal GSM hanya dipatok di level 2G.

Smartphone tipis ini berjalan di OS Android 4.12 Jelly Bean. Sehingga bisa dipastikan Anda mendapatkan sensasi terbaru dari user interface besutan Google ini. Fitur yang menarik lainnya adalah kemampuan imaging. Resolusi pada kamera utama sudah mengusung 8 megapixels (3200×2400 pixels) dan lensa kamera sekunder 2 megapixels (1600×1200 pixels). Soal menu pada kamera bisa dibilang cukup jempolan. Sebut saja seperti auto focus, flash light, effect, face detection, touch focus, contrast, gei tag, sharpness, anti banding, ISO, HDR (high definition range), panorama, scene mode, white balance, dan foto editor.

Sementara bicara tentang rekam video, pilihan resolusi maksimumnya sudah mencapai standar HD 720p. Menu pendukung pada rekam video seperti audio encoder, color effect, time lapse interval, white balance, dan flash. Andromax T secara khusus menghadirkan menu/aplikasi video, Anda tidak perlu lagi mencari file/konten video ke dalam belantara folder.

Pemutar musik juga tampil menarik, selain kelengkapan standar seperti shuffle, playlist, dan library. Juga ada sound center yang berisi equalizer dengan pilihan genre normal, blues, pop, rock, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan truebass di pemutar musik. Tidak ketinggalan ada bekal FM radio, fitur ini dibekali auto scan yang dapat menyimpan 35 channel. Fitur FM radio dibekali kemampuan rekam siaran, soal rekam siaran ternyata dapat diatur durasinya, mulai dari pilihan 5/15/30 menit atau tanpa batasan. Buat Anda yang sering ketiduran sembari tidur, ada solusi menu sleep, dimaan radio akan otomatis mati dalam 15/30/45 menit atau 1 jam kedepan. Semua tergantung Anda.

Dalam paket jualnya, Andromax T telah dibakali bermacam aplikasi yang menarik dalam ekosistem Google. Sebut saja untuk browser mengandalkan Chrome, lalu ada Google Hangout, YouTube, Google Maps, Google+, Google Drive untuk cloud storage, dan system update untuk melihat versi OS terbaru. Sementara dari lingkup aplikasi yang ditawarkan vendor, sudah ada Kingsoft Office, aplikasi kantoran ini sudah tersedia dalam full version. Masih ada lagi dukungan aplikasi yang khusus dibenamkan dari Smartfren, contohnya Smarfren Appstore, mig33, Gudang Musik, Customer Information, CentroOne, Uangku dan Viki. Dalam olah imging, ada bekal apikasi PicMix.

Catatan
Anda harus memasukkan kartu microSD agar dapat menggunakan fitur kamera.

Kinerja
Dapur pacu Innos AD682J Smartfren Andromax T terbilang memukau, gadget tipis ini nyatanya sudah dibekali prosesor quad core 1.2Ghz. Chipsetnya bahkan sudah mengandalkan MSM8625Q Snapdragon dari Qualcomm. Tambah hebat lagi, kapasitas RAM (random access memory)-nya sudah 1GB, sementara memori interlnya 4GB. Itu juga masih ditunjang dengan kapasitas memori eksternal M icroSD hingga 32GB. Sokongan teknologi pada layar mengacu pada GPU (graphic processing unit) Adreno 203.

Dari hasil uji coba, kinerja Andromax T cukup memuaskan kinerja multitask-nya sangat baik. Kemamapuan browsing terbilang prima, lantaran jaringan internet Smartfren sudah dikenal cepat dan lancar. Kualitas audio dan menu pemutar musik, FM radio juga cukup menyenangkan dijajal. Sedikit menjadi ganjalan, kamera tidak dapat digunakan tanpa dukungan slot memori eksternal, padahal kapasitas memori internal lumayan besar. Dari sudut pandang alokasi memori, maksud pemisahan memori ini cukup baik, agar file imaging nantinya tidak memberatkan kinerja smartphone.

Smartfren Andromax T ditenagai baterai jenis lithium polymer dengan kapasitas 1.600 mAh. Dari kapasitas tersebut, dapat dicapai waktu siaga hingga 320 jam, ini dapat dicapai bila digunakan koneksi CDMA saja. Sementara jika dalam pola CDMA-GSM dual on, maka waktu siaganya menjadi 170 jam. Untuk waktu bicara, dapat dicapai hingga 17 jam. Dengan segala kelebihannya, Andromax T hanya dibandrol Rp1.799.000. Harga tersebut sudah termasuk paket data 2GB, 60 SMS, dan gratis 20 menit telepon ke operator lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *